AFF Suzuki Cup 2014: Selangkah Dibalas Dua Langkah

image

Laga semifinal kedua leg pertama di Kuala Lumpur memberikan kemenangan 1-2 bagi tim tamu, Vietnam. Harimau Malaya dirasa akan tumbang di semifinal seperti 2 tahun lalu. Malaysia setidaknya butuh kemenangan dengan margin 2 gol demi tiket final yang sudah ditunggu Thailand.

Berbeda seperti saat di Kuala Lumpur, Malaysia bermain seperti ‘kerasukan’. Laga belum sampai 5 menit, pemain belakang Vietnam, Que Ngoc Hai melanggar Indra Putra Mahayuddin dan penalti bagi Malaysia. Safiq Rahim sebagai eksekutor sukses membuat penjaga gawang bergerak ke arah yang salah. 1 gol lagi yang dibutuhkan, akhirnya hadir pada menit ke-16. Umpan jauh Amri Yahyah salah diantisipasi 2 bek Vietnam dan penjaga gawang yang mengalami missed communication. Norshahrul melepaskan bola lob di atas kepala penjaga gawang Nguyen Thanh Bien.

Asa Vietnam melaju ke final kembali muncul pada menit ke-20, Fadhli Shas dianggap menarik salah satu pemain Vietnam. Le Cong Vinh sebagai eksekutor sukses membuat Khairul Fahmi bergerak ke arah yang salah. Vietnam akhirnya bisa mencetak gol, namun bukan untuk mereka sendiri. Umpan crossing Indra Putra salah diantisipasi Dinh Tien Thanh yang membuat bola melambung di atas penjaga gawang dan masuk sebagai gol bunuh diri pada menit ke-29.

Penderitaan tim tuan rumah kembali bertambah pada menit ke-44 ketika sepak pojok Safiq Rahim disundul lemah oleh Fadhli Shas yang jatuh ke kaki Mohd. Shukhor Adan yang onside tanpa penjagaan. Sepakan lemahnya memaksa penjaga gawang Vietnam harus memungut bola dari gawangnya untuk keempat kalinya. Vietnam akhirnya benar-benar mencetak gol 10 menit menjelang laga usai, aksi individual Le Cong Vinh mengelabui 2 bek Malaysia dan melepaskan tendangan keras ke gawang Khairul Fahmi Che Mat. Gol yang tidak akan menghasilkan apa-apa, kecuali mengurangi rasa malu karena kekalahan yang cukup telak.

Malaysia yang tidak diunggulkan di grup B dikarenakan rangkaian hasil uji coba yang buruk dan transisi dari Rajagobal ke Dollah Saleh, malah berhasil melaju ke final walaupun dengan ‘perjalanan’ yang tidak mulus.

Kita lihat apakah laga final akan membuat Thailand menyamai rekor Singapura, 4 kali juara. Atau Malaysia mengangkat trofi keduanya.

Satu kaki Vietnam di babak final langsung disusul Malaysia dengan 2 langkah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s