Galatasaray 1-4 Arsenal: Ramsey Kembali Ganas

image

Arsenal pada matchday ke-5 Liga Champions Eropa sudah dipastikan melaju ke babak 16 besar setelah menumbangkan Borussia Dortmund 2-0. Di laga terakhir, Arsenal akan menghadapi wakil Turki sekaligus juru kunci grup D, Galatasaray. Dalam 3 musim terakhir, pada matchday terakhir Arsenal selalu sudah dipastikan lolos dan bermain dengan pemain-pemain lapis kedua dan ketiga dan tidak pernah menang. Namun, berbeda dengan laga ini, Aaron Ramsey, Per Mertesacker, Mathieu Debuchy, Lukas Podolski, dan Wojciech Szczesny mengisi kesebelasan Arsenal. Hasilnya, The Gunners menang telak 4-1.

Laga ini juga menjadi ajang unjuk gigi 3 pemain muda usia yang ketiganya berusia 17 tahun dan kembalinya Mathieu Debuchy setelah mengalami cedera 3 bulan.

Tim tamu membuka keunggulan pada menit ke-3, umpan Aaron Ramsey mampu diselesaikan Lukas Podolski dengan tendangan keras kaki kirinya ke tiang dekat penjaga gawang Sinan Bolat. 8 menit kemudian, Arsenal berhasil menggandakan keunggulan, umpan Alex Oxlade-Chamberlain mampu diselesaikan Aaron Ramsey dengan tendangan mendatar ke tiang jauh.

Pada menit ke-29, Arsenal memperlebar jarak dengan Galatasaray. Sepak pojok Joel Campbell dibuang pemain Galatasaray namun jatuh ke kaki Aaron Ramsey yang langsung melepaskan tendangan voli kaki kiri dari luar kotak penalti. Gol yang spektakuler semakin membungkam isi stadion Ali Sami Yen. “Salah satu gol terbaik yang pernah saya buat”, aku Ramsey sehabis laga usai.

Di babak kedua, dua orang pemain muda berusia 17 tahun: Ainsley Maitland-Niles dan Gedion Zelalem menjalani debutnya di Liga Champions Eropa menggantikan Aaron Ramsey dan Mathieu Flamini. Serta, Stefan O’Connor yang menggantikan Mathieu Debuchy pada menit ke-77. Walaupun bermain tanpa pengalaman, mereka mampu membuat Arsenal tetap tidak kebobolan sebiji gol pun sampai menit ke-88. Tendangan bebas kapten Tim Nasional Belanda, Wesley Sneijder menghujam gawang Wojciech Szczesny ke tiang jauh.

Namun, 4 menit kemudian, Arsenal kembali unggul dengan margin 3 gol melalui Lukas Podolski. Skor 4-1 bertahan hingga laga usai. Arsenal akhirnya harus melaju ke babak 16 besar dengan status runner up grup 3 kali berturut-turut, yang berpeluang besar bertemu raksasa-raksasa Eropa: Barcelona, Real Madrid, Bayern Munich, Atletico Madrid sebagai juara grup.

Undian babak 16 besar akan dilakukan pada 15 Desember 2014 di Grimaldi Forum, Monako. Apakah Arsenal akan kembali bertemu para raksasa atau tim yang lebih ‘lemah’ seperti FC Porto atau AS Monaco? Namun, keduanya hanyalah 2 dari 8 tim yang menjuarai grup.

Siapapun lawannya, Arsenal harus berjuang mati-matian. Langganan 16 besar akan di cap oleh fans lawan, mengingat Arsenal selalu terhenti di babak 16 besar 5 musim terakhir.

Victoria Concordia Crescit

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s