AFF Suzuki Cup 2014: Singa Kehilangan Taring

image
Gary Steven Robbat (15) berebut bola dengan Shahril Ishak (17)

Singapura sebagai tuan rumah grup B dan pemegang gelar terbanyak Piala AFF harus tersingkir dari kejuaraan ini. The Lions harus takluk dari Harimau Malaya dalam rentang 2 menit dengan margin 2 gol di hadapan pendukungnya sendiri. Padahal pada pertemuan sebelumnya di Piala AFF 2012, Malaysia harus takluk 0-3 juga di hadapan pendukungnya sendiri.

Bermain di Stadion Nasional Kallang, Singapura dan Malaysia sama-sama saling menyerang demi tiket semifinal. Singapura hanya butuh hasil imbang, sementara Malaysia harus menang. Singapura lebih diunggulkan ketimbang Malaysia mengingat statusnya sebagai tuan rumah, sejarah pertemuan dengan Malaysia, dan jumlah gelar.

Malaysia yang tidak diunggulkan unggul terlebih dahulu pada menit ke-61, umpan cerdik Amri Yahyah diselesaikan pencetak gol terbanyak AFF 2010, Mohd. Safee Sali dengan tendangan keras ke pojok kanan atas gawang Hassan Sunny. Asa Singapura melaju ke semifinal kembali ketika tendangan bebas Safuwan Baharuddin berhasil ditepis Khairul Fahmi namun bola rebound mampu diselesaikan oleh Khairul Amri pada menit ke-84.

Laga memasuki babak injury time, petaka bagi Singapura ketika Hafiz Abu Sujad melanggar Amri Yahyah di kotak terlarang. Safiq Rahim sebagai eksekutor berhasil membuat penjaga gawang Hassan Sunny bergerak ke arah yang salah. 2 menit kemudian, Singapura berambisi untuk menyamakan kedudukan demi nama baik sebagai pemegang gelar terbanyak dan demi tiket semifinal. Sampai-sampai penjaga gawang ikut maju ke pertahanan Malaysia ketika mendapat tendangan bebas.

Dan akhirnya terjadi gol, tapi bukan untuk Singapura. Tendangan bebas mampu diselamatkan Khairul Fahmi dan dibuang bek Malaysia. Amri Yahyah yang berduel dengan pemain Singapura berhasil memenangkan duel dan mengirimkan bola kepada pemain veteran, Indra Putra Mahayuddin. Gawang yang kosong, Indra Putra melepaskan tendangan yang sangat pelan. 2 kali kebobolan, dalam rentang 2 menit pada masa perpanjangan waktu. Nyesek, mungkin itu perasaan para fans, staff kepelatihan, dan pemain Singapura.

Memang sebelumnya di grup B, Thailand dan Singapura yang diunggulkan lolos. Namun yang terjadi adalah, Singapura tersingkir, seperti pada AFF 2010. Pergantian pelatih dari Radojko Avramovic ke Bernd Stange membuat Singapura ‘agak’ berbeda. Begitu juga dengan Malaysia, Dollah Saleh juga diragukan mengingat laga uji coba Malaysia yang jarang mendapat kemenangan.

Mungkin ini bukan saatnya bagi Bernd Stange melanjutkan kesuksesan Avramovic yang juga gagal bersama Myanmar. 2 kali kalah dan 1 kali imbang.

Malaysia sendiri akan bertemu juara grup A, Vietnam. Laga leg pertama akan dilaksanakan di Shah Alam, sementara leg kedua di Hanoi. Malaysia dan Vietnam pernah bertemu di semifinal AFF 2010. Menang 2-0 di Kuala Lumpur berkat 2 gol Safee Sali (dan ‘baju keberuntungan’ biru-putih) dan menahan imbang 0-0 di Hanoi membuat Malaysia melenggang ke final dan membungkam Garuda dengan agregat 4-2.

Sementara Thailand sebagai juara grup B akan menghadapi Filipina sebagai runner up grup A. Leg pertama akan dilaksanakan di Manila dan Leg kedua di Bangkok. Thailand sebagai kekuatan sepakbola Asia Tenggara yang terbaik tentu tidak boleh meremehkan The Azkals. Konsistensi tim dan kualitas pemain membawa Filipina merajai Asia Tenggara dalam klasemen FIFA. Bahkan, Filipina yang sebelumnya tidak diperhitungkan, mampu maju ke semifinal 3 kali berturut-turut.

Singapura sebagai pemegang gelar terbanyak, apakah akan disamai oleh Thailand yang sekarang memegang 3 gelar?

Atau Malaysia dan Vietnam yang akan merasakan gelar keduanya?

Atau mungkin Filipina yang akan merasakan gelar pertamanya sekaligus memanaskan persaingan sepakbola Asia Tenggara?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s