Arsenal 2-0 Borussia Dortmund: Balas Dendam

image
Alexis Sanchez merayakan gol nya ke gawang Borussia Dortmund

Arsenal akhirnya merasakan kemenangan pertama setelah 2 laga terakhir tumbang dari Swansea City dan Manchester United. Kemenangan 2-0 atas Die Borussen memastikan langkah Arsenal berlanjut ke babak 16 besar Liga Champions sekaligus mengakhiri tren positif Borussia Dortmund: 4 laga selalu meraih kemenangan dan hanya kebobolan 1 gol. Prestasi Borussia Dortmund di pentas sepakbola Eropa sangat kontras jika dibandingan dengan performanya di liga domestik. Sementara, Arsenal telah meraih kemenangan ketiga setelah menang atas Anderlecht 1-2 dan Galatasaray 4-1, lalu sekali imbang atas Anderlecht 3-3, dan sekali kalah. Kalah atas Borussia Dortmund 2-0 melalui gol Aubameyang dan Immobile. Dan laga di Emirates Stadium menjadi ajang balas dendam The Gunners.

Tak perlu menunggu lama, hanya perlu 120 detik dari menyentuh bola di titik kick-off. Lemparan ke dalam Calum Chambers diterima Yaya Sanogo dan memantulkan bola kepada Santi Cazorla. Little Magician kembali mengirim bola kepada Sanogo yang lolos dari jebakan offside untuk mengubah papan skor menjadi 1-0. Gol ini merupakan gol pertama Yaya Sanogo di ajang resmi setelah mencetak quattrick di laga pra musim melawan Benfica.

Pada menit ke-57, pencetak gol terbanyak Arsenal musim ini, Alexis Sanchez mencetak gol ke-13 nya musim ini dan gol ke-3 nya di Liga Champions. Alexis menendang bola dari luar kotak penalti dan melengkung menghujam gawang Weidenfeller. Arsenal memang harus ekstra waspada jika tak mau kembali merasakan ‘Istanbul’. Kemenangan 3-0 terkejar menjadi 3-3 seperti saat melawan Anderlecht. Sangat populer kata ‘Istanbul’ di kalangan Liverpudillan saat menjuarai Liga Champions 2005 mengejar ketertinggalan 3 gol dari AC Milan dan menang lewat adu penalti.

Penjaga gawang ketiga Arsenal, Damian Martinez meraih clean sheet pertamanya di laga yang terbilang cukup sulit dan beresiko. Penjaga gawang pertama dan kedua, Szczesny dan Ospina mengalami cedera. Penyerang pilihan ketiga Arsenal, Yaya Sanogo juga mencetak gol pertamanya di laga yang sulit ini. Tentu, para fans berharap, jika Arsenal terus bermain seperti ini, menjadi juara bukanlah khayalan.

Kemenangan melawan Dortmund merupakan kemenangan pertama Arsenal atas tim Jerman dalam 3 laga terakhir melawan wakil Jermain saat bermain di kandang. Sebelumnya takluk 0-2 dari Schalke, 1-3, dan 0-2 dari Bayern Munich.

Dan kembali lolos ke babak 16 besar untuk kesekian kalinya, apakah menjadi juara grup atau lagi-lagi menjadi runner up 3 musim berturut-turut? Arsenal terakhir lolos ke babak perdelapan final pada musim 2011-12 disaat Borussia Dortmund hancur lebur di Liga Champions. Dan apakah langkah anak asuh Arsene Wenger hanya ‘mentok’ di babak 16 besar? Arsenal terakhir lolos dari babak 16 besar dan masuk semifinal pada musim 2008-09 dan ditaklukkan Manchester United dengan agregat 4-1. 3 wakil Inggris: Chelsea, Arsenal, dan Manchester United semuanya takluk di tangan juara saat itu, Barcelona.

Tentu staff kepelatihan Arsenal harus berfikir bagaimana menjadi seperti Chelsea pada musim 2011-12. Pada babak 16 besar, hanya ada 2 wakil Inggris: Arsenal dan Chelsea. Arsenal takluk di tangan AC Milan dengan agregat 4-3. Sementara, Chelsea lolos ke perempat final secara dramatis menang agregat 5-4 melawan Napoli.

Chelsea menjadi satu-satunya wakil Inggris di babak perempat final. Menang agregat 3-1 melawan Benfica dan bertemu raksasa Eropa dan juara bertahan, FC Barcelona di semi final. Menang 1-0 di Stamford Bridge dan sempat tertinggal 2-0 di Camp Nou. Ramires menendang bola chip di atas kepala Victor Valdez dan Fernando Torres berdiri bebas di pertahanan Blaugrana untuk mengubah kedudukan menjadi 2-2 dan keunggulan agregat 3-2. Bertemu tuan rumah final, Bayern Munich, sempat patah harapan ketika menit ke-82 Thomas Muller membobol gawang Petr Cech sebelum Didier Drogba menyamakan kedudukan pada menit ke-88. Tiang gawang ‘membuang’ trofi Liga Champions dari tangan FC Hollywood ketika penalti Schwensteiger membentur tiang dan Didier Drogba mengeksekusi penalti dengan baik untuk menjadikan The Blues menjadi juara setelah menjadi satu-satunya wakil Inggris.

Kemenangan yang dibumbui sedikit keberuntungan. Apakah Arsenal bisa menjadi Chelsea pada 2011-12?

Victoria Concordia Crescit.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s