AFF Suzuki Cup 2014: Dewi Fortuna Memihak Garuda

image
Zulham Zamrun merayakan golnya ke gawang Vietnam dengan bersujud

Indonesia memetik hasil positif di babak grup AFF Suzuki Cup 2014. Tim asuhan Alfred Riedl berhasil menahan imbang tuan rumah, Vietnam dengan keberuntungan. Tidak ada nama Evan Dimas dalam skuad menandakan laga ini bukanlah laga yang tepat untuk debut kapten Garuda Jaya tersebut. Di laga ini, tuan rumah begitu mendominasi permainan, terus menekan pertahanan Indonesia. Kegemilangan Kurnia Meiga membuat tekanan dan peluang seolah tak berarti.

Sampai akhirnya pada menit ke-11 kegemilangan Kurnia Meiga berakhir. Que Ngoc Hai mencetak gol pembuka laga ini memanfaatkan kesalahan Sergio Van Dijk dalam membuang bola hasil sepak pojok. Bola jatuh ke kaki Ngoc Hai dan melepaskan bola lob melihat posisi Kurnia Meiga yang terlanjur maju. Sebuah kesalahan di awal laga.

Pada menit ke-32, Zulham Zamrun membangkitkan asa tim Garuda di turnamen ini. Umpan jauh pemain Indonesia disundul oleh bek Vietnam ke arah kiper namun sepertinya tidak melihat ada Zulham Zamrun di situ. Bola jatuh ke kaki Zulham Zamrun dan melepaskan sepakan kaki kiri meluncur di antara 2 kaki pemain Vietnam. Cukup unik, gol Indonesia assist pemain Vietnam, gol Vietnam assist pemain Indonesia. Skor 1-1 bertahan hingga akhir babak pertama.

Di babak kedua Vietnam yang terus menggebrak pertahanan tim Garuda berhasil memecah kebuntuan. Sebuah gol indah Le Cong Vinh pada menit ke-68 memanfaatkan bola liar di luar kotak penalti, melepaskan tendangan voli dari luar kotak penalti yang tidak mampu dijangkau Kurnia Meiga. Saat laga tinggal tersisa 6 menit, Dewi Fortuna ‘bertindak’ untuk tim Garuda. Sepakan datar Samsul Arif dari ujung kotak penalti berhasil ditangkap kiper Vietnam, namun apa yang terjadi? Bola ‘lompat’ dari tangan kiper dan masuk ke gawang Vietnam. Tim Garuda memetik hasil positif di Hanoi pada laga pertama. Grup A sementara dipimpin oleh Filipina yang membantai Laos dengan skor 4-1.

Jika melihat pada permainan dan proses gol, skor imbang bukanlah hasil yang pantas untuk Indonesia. Vietnam begitu mendominasi permainan walaupun hasil akhir tidak selaras dengan proses.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s