AFF Suzuki Cup 2014: Debut Kapten Garuda Jaya

image
Evan Dimas Darmono, kapten Indonesia U-19

Tinggal kurang dari 24 jam Piala AFF akan bergulir di Hanoi dan Singapura. Kejuaraan ini akan berebut dominasi antar tim di Asia Tenggara. Juga akan menjadi ajang kebolehan pemain-pemain muda. Seperti hal nya Laos, mayoritas skuadnya adalah pemain dibawah 23 tahun.

Masih ingat ketika Indonesia U-19 menaklukkan Korea Selatan 3-2 dan dipuji setinggi langit? Kemenangan tersebut tak lepas dari peran sang kapten, Evan Dimas yang mencetak hattrick, dan tentunya sang pelatih, Indra Sjafri. Walaupun sempat ‘hancur’ pada AFF Cup U-19, Hassanal Bolkiah Trophy, dan Piala Asia U-20, pemain-pemain dari Garuda Jaya tetap menarik perhatian Alfred Riedl, sang pelatih timnas senior.

Ilham Udin, Maldini Pali, Paulo Sitanggang, Muchlis Hadi, dan Evan Dimas menarik perhatian dan ikut AFF Training Centre. Akhirnya skuad menyusut: 35 pemain, 26 pemain, sampai akhirnya 23 pemain yang berangkat ke Hanoi. Nama terakhir sekaligus kapten Indonesia U-19 secara mengejutkan dipanggil oleh Riedl, menyingkirkan langganan timnas seperti Ferdinand Sinaga, Andik Vermansyah, dan Ahmad Bustomi. Evan Dimas menjalani debutnya bersama timnas senior di usia 19 tahun dan mencetak gol di laga ‘non-resmi’ menghadapi Timor Leste. Mencetak gol ketiga dari empat gol yang bersarang di gawang Timor Lorosae. Walaupun debutnya tidak dicatat di statistik FIFA karena bukan International Friendly Match, laga tersebut cukup menandakan bahwa Evan Dimas sudah ‘klop’ dengan para seniornya yang umurnya jauh di atasnya. Bahkan usia Cristian Gonzales dua kali usia Evan Dimas.

Namun rekor tersebut belum mengalahkan Bambang Pamungkas yang mencetak gol di usia 17 tahun bersama timnas senior melawan Lithuania dan Boaz Solossa di usia 18 tahun saat melawan Malaysia. Masih muda, punya kemampuan individu yang baik, bisa memimpin sebuah tim ada pada diri Evan Dimas. Memang, sejak setahun lalu Evan Dimas menjadi buah bibir para pecinta tim nasional yang jenuh akan prestasi tim nasional. Melihat permainannya bersama Garuda Jaya seperti sebuah ‘angin segar’ bagi sepakbola Indonesia. Menjuarai AFF U-19 2013 dan lolos ke Piala Asia U-19 walaupun gagal di tahap selanjutnya.

Perlu diperhatikan bahwa Evan Dimas hanya memperkuat Indonesia U-19 sebelum memperkuat timnas senior. Yang biasanya melewati tahap U-21, U-23, baru senior. Biasanya pemain semuda itu akan merasa grogi karena berada di level tertinggi tim nasional. Sepertinya perasaan itu tidak ada di dalam diri Evan Dimas dan kalaupun ada ia bisa mengatasinya. Berbekal serangkaian laga internasional bersama Indonesia U-19 menghasilkan kematangan fisik dan mental. Ia tidak lagi canggung masuk ke lapangan dan menyanyikan ‘Indonesia Raya’ dengan para senior yang berusia 5, 6, 7 tahun lebih tua bahkan ada yang dua kali umurnya.

Kita menunggu apakah laga melawan Vietnam esok hari menjadi debut internasionalnya. Indonesia bermain tandang menghadapi 2 lawan sekaligus: Tim Vietnam dan fanatisme supporter. Apakah ia mampu mengatasi gemetar di kakinya ketika mendengar terompet dan teriakan supporter Vietnam? Tentunya tidak sebesar tekanan ketika mendengar teriakan supporter Indonesia.

Apakah Hanoi menjadi tempat Evan Dimas membuat pemerhati sepakbola internasional jatuh hati? Bila lolos ke semi final apakah ia akan menorehkan tinta emas bersama timnas senior? Ia pernah mengangkat trofi Piala AFF U-19 bersama koleganya dan mungkinkah ia mengangkat kembali trofi tersebut bersama Firman Utina dkk?

Potensi yang besar harus terus diasah. Jangan sampai popularitas, ketenaran, dan entertainment menghilangkan nama ‘Evan Dimas’ dari bakat sepakbola Indonesia.

Ayo Indonesia Bisa!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s