Arsenal 1-2 Southampton: Kejutan Menyakitkan The Saints

image

Southampton Football Club, sebuah klub yang promosi ke Liga Primer Inggris pada musim 2012-13 menjadi sorotan dunia sepakbola. Bukan karena kebijakan aneh ataupun kasus negatif, melainkan karena performa yang ditunjukan oleh The Saints pada musim lalu, juga musim ini. Pada musim promosi pertamanya, memang butuh waktu untuk adaptasi dengan kompetisi yang lebih sulit dan menantang. Musim berikutnya, tidak main-main, Southampton sempat masuk ke daftar big four selama hampir setengah musim, sampai akhirnya menduduki posisi ke-8 di akhir musim. Sebuah pencapaian yang hebat.

Southampton juga dikenal memiliki akademi yang bagus. Pemain termahal dunia, Gareth Bale merupakan produk Southampton. 3 pemain Arsenal juga merupakan produk akademi Southampton: Theo Walcott, Alex Oxlade-Chamberlain, dan Calum Chambers. Juga bek muda berbakat yang kini membela Manchester United, Luke Shaw. Di bursa transfer 2014-15, Southampton harus kehilangan pemain-pemain kuncinya yang dijual ke klub-klub kaya: Dejan Lovren, Adam Lallana, dan Rickie Lambert ke Liverpool. Luke Shaw ke Manchester United. Calum Chambers ke Arsenal. Pablo Osvaldo ke Inter Milan. Sampai sang manager, Mauricio Pochettino kini melatih Tottenham Hotspur. Untung masih ada Morgan Schneiderlin dan James Ward-Prowse yang tersisa untuk menghadapi musim baru. Mau tak mau harus mendatangkan amunisi baru. Legenda Tim Nasional Belanda, Ronald Koeman dipercaya untuk memegang kendali tim. Dusan Tadic, Shane Long, dan Graziano Pelle didatangkan untuk mengisi celah-celah yang ditinggal para mantan punggawa The Saints.

Di Liga Inggris, Southampton baru satu kali kalah, atas tim di mana 3 mantan pemainnya berlabuh: Liverpool dengan skor 2-1. Bahkan, Southampton kini menduduki peringkat ke-2 di klasemen sementara Liga Inggris dan hanya berjarak 1 kemenangan dari pemuncak klasemen, Chelsea. Arsenal dan Southampton dipertemukan di putaran ketiga Piala Liga Inggris di Emirates Stadium. Arsenal jelas diunggulkan, namun tidak akan menang mudah. Arsenal unggul di atas kertas, namun permainan dimainkan di atas lapangan.

Pada menit ke-14, tendangan bebas melengkung Alexis Sanchez berhasil bersarang di gawang Fraser Forster. Gol keempatnya yang dicetak pada musim ini bersama Arsenal membuat Alexis tidak bisa dicap pembelian gagal. Pada menit ke-20, pelanggaran Little Mozart Tomas Rosicky di kotak terlarang membuat wasit menunjuk titik putih dan menghadiahkan penalti untuk tim tamu. Rekrutan baru, Dusan Tadic sukses membuat penjaga gawang yang menjalani debutnya bersama Arsenal, David Ospina bergerak ke arah yang salah dan menyamakan kedudukan.

Pada menit ke-40, Nathaniel Clyne sukses membuat penjaga gawang yang gemilang bersama Tim Nasional Kolombia di Piala Dunia 2014 ‘tewas’. Tendangan jarak jauh berjarak 30 yard membuat Ospina tidak berdaya. Babak pertama berakhir dengan keunggulan 2-1 untuk tim tamu, begitupun dengan hasil akhir.

Di saat para fans tidak berharap banyak untuk kemenangan, Arsenal sukses melibas lawannya seperti pada musim 2011-12 dan 2012-13. Di saat para fans banyak berharap karena kedatangan pemain bintang, Arsenal malah bermain di bawah ekspektasi seperti pada musim lalu. Begitupun dengan laga melawan Southampton, takluk di kandang sendiri dan bermain tidak dengan tim lapis kedua. Jauh di bawah ekspektasi. Semoga kekalahan ini menjadi pelajaran untuk laga-laga selanjutnya dan jangan jatuh lagi ke lubang yang sama.

Trofi Liga Inggris, Trofi Liga Champions, dan Trofi Piala FA menunggu saatnya diangkat di podium oleh kapten dari sang juara. Bersaing dengan 20 peserta di Liga Inggris, 32 peserta di Liga Champions, dan 64 peserta di Piala FA (Putaran 3) untuk menuju podium juara. Lupakan momen buruk tapi ambil hikmah momen itu.

Victoria Concordia Crescit

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s