Danny Welbeck: Solusi di Luar Ekspektasi

image
Danny Welbeck berseragam Arsenal

Satu tahun lalu, 2 September 2013, Arsenal mengejutkan bursa transfer ketika detik-detik penutupan bursa transfer musim panas 2013-14, raja assist Real Madrid, Mesut Özil bergabung ke skuad Arsenal. Bermahar 42 juta Euro dan mengenakan nomor punggung 11, Özil menjadi transfer termahal kedua di Negeri Ratu Elizabeth setelah Fernando Torres sebesar 50 juta Euro. Penjualan jersey bernomor 11 bernama ‘Ozil’ lebih banyak lima kali lipat dibanding penjualan jersey pemain termahal di dunia, yang saat itu juga baru pindah, Gareth Bale.

Menyongsong musim baru dengan optimisme, walaupun hanya menjadi langganan peringkat 4.

Musim ini 4 wajah baru hadir di skuad Arsenal: Chambers, Alexis, Ospina, dan Debuchy. Tiga diantaranya merupakan pemain yang mengisi celah yang ditinggalkan Vermaelen, Sagna, dan Fabianski. Sementara, Alexis merupakan jawaban dari posisi yang Arsenal memang belum punya.

Punya sayap dan playmaker yang berkelas dunia, diselesaikan oleh penyerang yang ‘hanya’ sekaliber Giroud dan Sanogo, walaupun Podolski bisa menjadi posisi tersebut. Setelah imbang 2-2 melawan Everton, Giroud divonis cedera 4 bulan dan…. mau tidak mau penyerang muda Yaya Sanogo harus menempati posisi itu. Butuh pengalaman untuk dapat kerja, butuh kerja untuk dapat pengalaman.

Alessio Cerci, Edinson Cavani, Karim Benzema, Mario Balotelli, Marco Reus semuanya dihubungkan dengan Arsenal menjelang penutupan bursa transfer demi menjadi pelapis Sanogo, pesaing Sanogo, pelapis Giroud, pesaing Giroud, atau penyerang utama.

“Selamat datang di Arsenal, Welbeck!”
Danny Welbeck? Seorang penyerang milik rival Arsenal, Manchester United dan merupakan penduduk asli Manchester bergabung dan menjadi solusi dari masalah Arsenal. Penyerang yang lebih sering menggiring angin daripada menggiring bola.

Pengalamannya di tim nasional Inggris tak perlu dipertanyakan. Ia menjadi langganan dipanggil oleh pelatih untuk bergabung dengan skuad The Three Lions. Ia juga menjadi awal, pencetak gol pembuka dari 8 gol yang bersarang di gawang Arsenal pada 28 Agustus 2011.

Musim 2011-12 merupakan musim yang sangat gemilang baginya. Gol demi gol ia sarangkan ke gawang lawan. Dan musim 2012-13, kedatangan kapten Arsenal, Robin van Persie terkesan mematikan karirnya. Semakin sedikit gol yang tercipta sampai akhirnya di era David Moyes di musim berikutnya. Semakin sedikit.

Musim 2014-15, Manchester United menjual Javier Hernandez. Hanya sekejap bernafas lega, Radamel Falcao mendarat dengan seragam Setan Merah bernomor 9. Masih kuat bersaing dengan Rooney, RVP, dan Falcao?

16 juta Euro dilayangkan Arsenal meminang Danny Welbeck, dan diterima. Ke mana Cavani? Ke mana Balotelli? Ke mana Benzema? Tinggal kabar burung.

Sebenarnya Welbeck memang tidak perlu diragukan, hanya ia memang kurang ‘dipuji’. Bermain untuk tim sekaliber Manchester United dari tingkat akademi hingga senior, langganan tim nasional, punya kecepatan dan postur, dan usianya adalah usia emas. Jelas merupakan salah satu prospek yang baik untuk Arsenal.

Seorang pemain bintang dulunya bukan pemain bintang. Manchester United punya RVP, Rooney, Falcao. Liverpool punya Balotelli, Sturridge, Lambert. Chelsea punya Costa, Drogba, Remy. Arsenal? Giroud, Sanogo, Welbeck. Mau membanggakan? Jelas ditertawakan.

Tapi apakah nama-nama penyerang klub rival itu langsung menjadi penyerang handal? Tentu semua berawal dari 0. Begitu juga dengan Arsenal, kehilangan RVP dan harus mengulang ketajaman lini depan dari 0. Thierry Henry dan Dennis Bergkamp saja sempat dicap pembelian gagal. Dan (mungkin) inilah saatnya, Sanogo, Welbeck, dan Giroud mengubah tawa para fans lawan menjadi tawa untuk fans Arsenal.

Good luck, Welbeck!

Victoria Concordia Crescit.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s