Everton vs Arsenal: Waspadai Batu Sandungan

image
Leighton Baines dan Tomas Rosicky

Arsenal, setelah menang mati-matian atas tim promosi musim lalu, Crystal Palace 2-1, kini menghadapi lawan yang lebih berat. Menghadapi Everton di laga kedua Liga Inggris musim 2014-15 bukan hal yang mudah, apalagi bermain tandang ke Goodison Park. Apalagi musim lalu, Arsenal hancur lebur 3-0 di Goodison Park melalui gol Steven Naismith, Romelu Lukaku, dan Kevin Mirallas.

Melihat performa Arsenal dari laga sebelumnya, rasa pesimis lah yang pertama muncul di benak para Gooners. Everton terlalu hebat untuk disebut ‘papan tengah’, tetapi belum layak disebut ‘papan atas’. Apalagi The Toffees diarsiteki oleh manager yang cukup handal, yaitu Roberto Martinez. Ia belum pernah melatih klub-klub papan atas, namun sering membuat klub-klub papan atas bertekuk lutut.

5 laga terakhir, Arsenal dan Everton hanya menang sekali, dan sisanya imbang. Everton memiliki amunisi pemain yang baik seperti penyerang muda Belgia, Romelu Lukaku; gelandang veteran Inggris, Gareth Barry; penjaga gawang tim nasional Amerika Serikat, Tim Howard; lalu kapten Everton, Leighton Baines; dan masih banyak nama seperti Leon Osman, Steven Naismith, Kevin Mirallas, dan Ross Barkley.

Di laga pertama Liga Inggris musim ini, kedua tim sama-sama bersusah payah meraih poin. Everton berbagi poin dengan klub promosi baru, Leicester City 2-2. Sementara Arsenal menang atas 10 pemain Crystal Palace dengan skor 2-1. Romelu Lukaku sepertinya akan dipercaya oleh sang arsitek untuk menerobos tembok pertahanan Arsenal. Sementara, Arsenal mungkin bergantung kepada Alexis Sanchez atau Santi Cazorla.

Jika Romelu Lukaku berhasil ‘dimatikan’, masih ada Kevin Mirallas yang siap membantu merusak pertahanan Arsenal. Sementara, barisan depan Arsenal akan menghadapi Leighton Baines, Antolin Alcaraz, Sylvain Distin, dan Phil Jagielka serta penjaga gawang yang bermain gemilang di Piala Dunia 2014, Tim Howard.

Arsenal yang musim lalu takluk 3-0 oleh Everton di Liga Inggris memang sedang di saat hancur-hancurnya. Cederanya Theo Walcott dan Aaron Ramsey seperti mengurangi nyawa Arsenal sampai setengahnya. Gol Lukaku, Naismith, dan Mirallas begitu mudahnya masuk ke gawang Szczesny. Pertemuan sebelumnya, Arsenal juga menghajar Everton 4-1 di Emirates Stadium. 2 gol Giroud ditambah gol Ozil dan penalti Arteta hanya bisa dibalas oleh sontekan Lukaku di akhir babak pertama. Laga yang cukup bersejarah, mengingat kemenangan itulah yang mengantarkan Arsenal ke Stadion Wembley untuk menjalani laga Semi Final Piala FA.

Everton memang selalu menjadi batu sandungan bagi klub-klub papan atas sejak era David Moyes 12 tahun yang lalu hingga sekarang era Roberto Martinez yang menjalani musim keduanya musim ini.

Arsenal terakhir menang di Goodison Park, yaitu pada 3 musim lalu melalui gol Thomas Vermaelen. Sementara, Everton belum pernah menumbangkan Arsenal di Emirates Stadium akhir-akhir ini.

Kemenangan akan memuluskan jalan Arsenal menuju podium juara dan memantikkan semangat, sementara kekalahan akan menyandung langkah tapi akan memberi pelajaran agar tidak jatuh dengan cara yang sama.

Victoria Concordia Crescit.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s