Preview: Arsenal vs SL Benfica

image
Emirates Cup 2014

Laga pra musim yang sebenarnya akan segera dimulai. Sebelumnya, Arsenal telah menjalani dua laga pra musim, melawan tim gurem divisi 6 Inggris, Boreham Wood (menang 0-2) dan melawan New York Red Bull dalam tur pra musim ke Amerika Serikat (kalah 1-0).

Kedua lawan Arsenal tadi bukanlah lawan yang cukup berat, sehingga tidak terlalu mengembangkan permainan secara signifikan. Justru di Emirates Cup ini, Arsenal, sebagai tuan rumah sekaligus penyelenggara mendapat lawan yang lumayan.

Tim kaya baru yang mulai menggelontorkan dana untuk pemain bintang, AS Monaco. Dan tim yang dua musim berturut-turut melaju ke final Liga Europa, walaupun kalah di final (mungkin karena ‘kutukan’ Guttman), SL Benfica. Serta, Valencia, yang sebenarnya bukanlah lawan Arsenal di turnamen ini, karena regulasi yang cukup unik dan berbeda dari turnamen biasanya.

Pertemuan terakhir Arsenal melawan Benfica juga di laga pra musim, yaitu pada tahun 2011, di Estadio da Luz, di mana Arsenal tumbang 2-1 atas tuan rumah.

Benfica jelaslah bukan tim yang bisa diremehkan. 33 kali juara Liga Zon Sagres atau Liga Portugal dan dua musim berturut-turut selalu masuk final Liga Europa, serta 25 kali juara Taça de Portugal. Memiliki materi pemain yang cukup baik, seperti Oscar Cardozo, Luisaõ, Eduardo Salvio, san Maxi Pereira. Jelas, Wenger harus menyiapkan strategi terbaik demi menghadapi musim baru yang jelas tidak akan mudah.

Pada Emirates Cup tahun lalu, Arsenal dipermalukan sebagai tuan rumah: imbang 2-2 melawan Napoli dan kalah 1-2 melawan Galatasaray. Di edisi sebelumnya: imbang 2-2 melawan Boca Juniors dan 1-1 melawan New York Red Bull.

Manager Benfica, Jorge Jesus, terkenal sebagai pelatih andal di Portugal dan di benua biru. Musim lalu berhasil meraih treble winner: mejuarai Liga Portugal, Piala Portugal, dan Piala Liga Portugal, serta menjadi juara dua dalam kompetisi kasta kedua Eropa: Europa League. Benfica juga terkenal sebagai salah satu tim penghasil bakat di Eropa. Pemain-pemain mahal berbakat dunia seperti bintang Real Madrid, Angel di Maria. Gelandang Chelsea, Ramires. Dan bek termahal dunia, David Luiz.

Walaupun hanya piala pra musim, dari sini lah, kekuatan tim menghadapi musim baru akan tergambar. Di sini, pelatih bisa mencoba komposisi baru dan mencoba pemain baru seperti Alexis dan Debuchy. Sekaligus menjadi gambaran kekuatan tim semusim ke depan.

Victoria Concordia Crescit.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s