David Ospina: Pesaing, Bukan Pelapis

image
Jersey kiper Ospina dengan nomor 13

Sebelum Piala Dunia 2014 bergulir, mungkin hanya segelintir penggila sepakbola yang pernah mendengar nama David Ospina. Mungkin karena bermain untuk tim papan tengah Liga Prancis, OGC Nice.

Namanya mulai bergaung di pentas sepakbola saat pagelaran Piala Dunia. Meraih 2 cleansheet dari 5 pertandingan, di mana pertandingan terakhir ia bersama rekan setim harus angkat koper.

Di saat semua orang memprediksikan Casillas atau Courtois menjadi penjaga gawang terbaik, ia bersama Guilermo Ochoa, Fais M’bolhi, dan Tim Howard menjadi penjaga gawang paling sulit dibobol, walaupun pada akhirnya, Manuel Neuer lah yang meraih gelar Sarung Tangan Emas.

Dengan pengalaman yang begitu banyak, David Ospina bukanlah pelapis kiper utama Wojciech Szczesny, melainkan menjadi pesaing, tentunya bersaing secara sehat.

Baik Szczesny maupun Ospina, sama-sama berpengalaman. Szczesny sudah 4 tahun bermain di bawah mistar gawang Arsenal tapi jarang memperkuat tim nasionalnya, Polandia. Jangankan ikut Piala Dunia, ikut EURO saja Szczesny langsung diganjar kartu merah oleh wasit saat pertandingan pertama.

David Ospina, nama tim OGC Nice mungkin terlalu asing bagi orang awam di sepakbola. Namun karirnya bersama tim nasional Kolombia begitu cemerlang. Menjadi penjaga gawang utama pada usia 25 tahun. Bersama dengan generasi emas: James, Cuadrado, Zuniga, Armero, Quintero, serta dirinya membuat Kolombia melaju ke babak 16 besar walaupun dipaksa angkat koper oleh tuan rumah, Brazil.

Dengan mahar 3 juta Euro, menurut saya, sebenarnya dialah yang diharapkan Arsenal, bukan Alexis. Sebelum ia datang, Arsenal hanya punya satu penjaga gawang.

4 tahun memperkuat OGC Nice, ia berlinangan air mata saat akan hengkang dari klub yang membesarkan namanya. Kini tantangan baru baginya berada di salah satu liga terbaik di dunia dan di salah satu klub terbaik di liga tersebut: Arsenal.

Selamat datang di Arsenal, Ospina! Kenakanlah baju nomor 13 mu dengan rasa bangga!

Victoria Concordia Crescit.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s